Senin, 29 Desember 2014

Masalah Google SandBox

Google sandbox, mungkin beberapa orang masih awam dengan hal ini. Namun bagi para webmaster atau praktisi atau orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bloging dan SEO pastinya sudah mengenal apa itu google sandbox. Tema di creamputih kali ini memang sedikit menyimpang tapi tidak masalah. Google sandbox jika diartikan sebenarnya adalah suatu bentuk pinalti atau bahasa gampangnya adalah bentuk hukuman sementara dari pihak google kepada web atau blog yang melakukan optimasi web secara tidak sehat atau berlebihan. Bagi sobat blogger yang suka nyebar link atau mencari backlink secara extreme atau yang biasa disebut nyepam maka harus hati-hati. Algoritma google saat ini sudah tidak seperti dulu lagi. Google mendeteksi web-web yang dirasa melakukan optimasi secara berlebihan dan akhirnya menendang web tersebut.

Web atau blog yang terkena google sandbox biasanya untuk artikel atau keyword tertentu tidak akan bisa ditampilkan. Misalkan web dengan alamat www.apem.com memiliki keyword apem enak. Maka ketika disearch di google untuk kata kunci apem enak maka biasanya tidak akan ditemukan web apem tersebut. Walau pun sebelumnya web tersebut menduduki peringkat pertama untuk kata kunci apem enak, namun karena terkena google sandbox akhirnya posisi SERP nya pun turun drastis.

Penyebab dari web yang terkena google sandbox antara lain:

- Terlalu berlebihan ketika menggunakan suatu keyword

- Backlink yang tidak natural dan nyepam

- Terlalu banyak menTag

- Banyak artikel yang disubmit di tempat yang sama

- Melupakan aturan main dari eyang google

Bagi anda yang memiliki web atau blog yang kebetulan terkena google sandbox dan mengalami penurunan atau stagnanisasi pengunjung web meski anda sudah menyebar link dan update artikel maka jangan putus asa. Yang terpenting tetaplah update konten serta kurangilah dalam mencari backlink untuk keyword yang telah di penjara oleh eyang google. Semoga artikel ini bermanfaat dan web kita bisa terbebas dari google sandbox.