Minggu, 10 November 2013

Merawat Kulit Wajah dan Tubuh dengan Mengenali Jenis Kulit

Kenali jenis kulit anda terlebih dahulu agar anda bisa maksimal dalam merawat kulit anda. Menggunakan produk perawatan kulit yang kurang tepat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Berikut adalah 5 kategori jenis kulit:
1. Kulit Normal
Jenis kulit normal hanya membutuhkan perhatian yang minimal. Jenis kulit ini tidak akan berminyak atau kering, sehingga terbebas dari noda. Cara mengetahui apakah kulit Anda termasuk jenis kulit normal atau bukan adalah dengan mengusap wajah dengan tisu pada pagi hari. Jika tidak ada minyak yang menempel bahkan tisu terlihat kering, berarti kulit Anda termasuk jenis kulit normal.

2. Kulit Berminyak
Jenis kulit berminyak membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih. Jumlah minyak yang dikeluarkan oleh jenis kulit ini menjadikan jerawat dan noda sering muncul. Oleh karena itu, orang yang memiliki jenis kulit berminyak harus mencuci dan membersihkan wajah secara teratur. Untuk memastikan jenis kulit Anda berminyak atau tidak, lakukan tes dengan menggunakan tisu. Jika ada noda minyak pada tisu, maka kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak.

3. Kulit Kering
Jenis kulit kering juga membutuhkan perawatan yang tepat seperti halnya kulit berminyak. Kulit kering disebabkan oleh tidak cukupnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak, sehingga membuat kulit menjadi kering. Jika Anda memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakan pelembab sesering mungkin dan minum banyak air. Satu keuntungan memiliki kulit kering adalah tidak akan disinggahi oleh jerawat.

4. Kulit Sensitif
Kulit sensitif sangat mudah pecah. Penyebab yang sering menimbulkan masalah pada kulit sensitif adalah lingkungan, seperti debu, kotoran, matahari, dll. Bahan kimia yang terkandung pada parfum juga bisa menyebabkan masalah pada jenis kulit sensitif. Produk perawatan kulit yang ringan akan lebih baik untuk jenis kulit sensitif. Sebenarnya ada satu jenis kulit lainnya, namun bukan termasuk dalam kategori jenis kulit dasar. Jenis kulit ini merupakan gabungan dari dua jenis kulit, oleh karena itu dinamankan jenis kulit kombinasi.

5. Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi dimiliki oleh banyak orang. Jenis kulit ini merupakan gabungan dari jenis kulit kering dan berminyak. Anda bisa memiliki kedua jenis kulit tersebut, misalnya, memiliki jenis kulit kering di pipi sedangkan hidung dan dahi berminyak. Cara terbaik untuk merawat jenis kulit kombinasi adalah menggunakan pembersih astringent pada area yang berminyak dan menambahkan pelembab di area yang kering.
(sumber:amazine.co)